Minggu, 05 Mei 2013

JURNAL BELAJAR: faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangangan dan pertumbuhan



JURNAL II PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK
faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangangan dan pertumbuhan

Jumat, 19 April 2013
09:20 pertemuan ke 4
NAMA: ZURRIYATUN THOYIBAH
NIM: E1A 012 065

·         Penyaji kelompok 2:
-          Rosita Fitri (E1A 012 046)
-          Supiandi (E1A 012 054)
-          Ulfah Mirhan (E1A 012 056)

·         Referensi
-          H Sunarto, Ny. B. Agung Hartono. 2006. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta : Rineka Cipta
-          Hartinah Siti. 2011. Pengembangan Peserta Didik. Bandung : Reflika Aditama.
-          Sarwono, Sarlito Wirawan. 1991. Psikologi Remaja. Jakarta : Rajawali Press

·         Konsep-konsep penting dan hasil analisis kritis buku, jurnal, artikel menurut penyaji:
-          faktor faktor yang mempengaruhi pertumbuhan
1.       FAKTOR GENETIK (keturunan — masa konsepsi)
Bersifat tetap atau tidak berubah sepanjang kehidupan
Karakteristik: jenis  kelamin, ras, rambut, warna mata, pertumbuhan fisik, sikap tubuh dan lain-lain.
2.      FAKTOR ASUPAN
Contoh: makanan,vitamin,buah-buahah,sayuran, dll
3.      FAKTOR LINGKUNGAN
Lingkungan baik membentuk potensi bawaan, lingkungan buruk malah akan menghambat. Mempengaruhi individu setiap hari mulai konsepsi sampai akhir hayatnya, dan sangat menentukan tercapai atau tidaknya potensi bawaan.

-          Factor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan fisik remaja
Keluarga, gizi , gangguan emosional, jenis kelamin, status social, kesehatan, bentuk tubuh.

-          Faktor yang mempengaruhi perkembangan
§  Faktor hereditas (warisan sejak lahir/ bawaan
§  Factor Lingkungan
§  Kematangan fungsi-fungsi organis dan psikis,
§  Aktifitas anak sebagai subyek bebas yang berkemauan, kemampuan seleksi, bisa menolak atau menyetujui, punya emosi, serta usaha membangun diri sendiri.

-          Factor factor yang mempengaruhi perkembangan pribadi
Perkembangan pribadi yang menyangkut perkembangan fisikofis dipengaruhi oleh:
o   Status social ekonomi
o   Filsafat hidup keluarga
o   Pola hidup keluarga (seperti kedisiplinan, kepedulian terhadap kesehatan, dll)

·         Konsep-konsep penting dan hasil analisis kritis buku, jurnal, artikel menurut saya:
-          Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan pada manusia, diantaranya yaitu:
1. Faktor sebelum lahir
Misalnya peristiwa kekurangan nutrisi pada ibu dan janin, janin terkena virus, keracunan sewaktu bayi ada dalam kandungan, terkena infeksi oleh bakteri virus dan lain-lain
2. Faktor ketika lahir
Antara lain : pendaran pada bagian kepala bayi yang disebabkanoleh tekanan dari dinding rahim ibu sewaktu ia dilahirkan.
3. Faktor sesudah lahir
Antar lain: pengalaman traumatik pada kepala, kepala bagian dalam terluka, kepala terpukul atau mengalami serangan sinar matahari.
4. Faktor psikologis
Misalnya bayi yang ditinggal ibu, ayah atau kedua orangtuanya. Sebab lain ialah dibesarkan didalam institusional sehingga kurang mendapat perawatan jasmaniah dan cinta kasih. Anak-anak tersebut kemungkinan besar mengalami kehampaan jiwa, sehingga mengakibatkan kelambatan pertumbuhan fungsi jasmani dan rohani terutama perkembangan inteligensi dan emosi.

·         Pertanyaan-pertanyaan yang muncul menurut saya:
-          Menurut penyaji factor lingkungan  yang mempengaruhi pertumbuhan itu salah satunya adalah urutan anak dalam keluarga, mengapa urutan anak itu dapat mempengaruhi pertumbuhan?
-          Bentuk tubuh seperti apa yang dapat mempengaruhi pertumbuhan fisik pada remaja?
-          Mengapa puncak perkembangan jiwa itu ditandai dengan adanya proses perubahan dari kondisi “entropy” ke kondisi “negen-tropy”?

·         Kesimpulan
-          Menurut penyaji
·         Perkembangan merupakan perubahan individu baik fisik maupun psikisnya dan berlangsung sepanjang hayat, perubahan-perubahannya tidak hanya bersifat evolusi, tetapi juga bersifat involusi (penurunan dan perusakan menuju kematian).
·         Pertumbuhan merupakan perubahan individu yang terbatas pada perubahan fisiknya dan berlangsung sampai pada masa tertentu, perubahan – perubahannya bersifat
evolusi (menuju kea rah yang lebih sempurna).
·         Anak sebagai suatu totalitas, maksudnya bahwa anak sebagai suatu kesatuan dari seluruh aspek yang ada dalam dirinya. Keseluruhan aspek yang ada dalam diri anak saling berkaitan. Secara keseluruhan anak berbeda dengan orang dewasa.
·         Faktor kematangan dan faktor pengalaman merupakan hal yang utama dalam mempengaruhi perkembangan anak. Kedua faktor tersebut sangat penting untuk dipelajari dan dipahami untuk mengetahui proses perkembangan anak. Misal, seorang anak yang mengalami keterlambatan dalam berjalan, harus diketahui terlebih dahulu faktor – faktor yang mempengaruhinya, apakah faktor kematangan (genetik) atau faktor pengalaman (lingkungan). Apabila sudah diketahui faktor penyebabnya, maka kita akan mudah mencari solusinya.

-          Menurut saya
Factor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan baik factor internal atau eksternal tidak dapat dipisahkan dengan kata lain keduanya sama-sama penting.
Factor lingkungan dapat dirubah dan dibentuk , tetapi tidak dengan factor hereditas karena merupakan bawaan sejak lahir.

·         Refleksi diri
Saya kurang memperhatikan jalannya presentasi ataupun diskusi karena kurang menarik, dan menurut saya cara diskusinya kurang baik, karena yang berbicara dan saling mengungkapkan pendapat hanya penyaji dengan pembahas, sedangkan kami peserta hanya duduk diam. Sehingga kami merasa bosan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar