Minggu, 05 Mei 2013

JURNAL BELAJAR: TUGAS-TUGAS PERKEMBANGAN



JURNAL III PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK
TUGAS-TUGAS PERKEMBANGAN

·         Penyaji kelompok 3:
-          Riska Anggraeni         (E1A 012 040)
-          Siti Khusnul K            (E1A 012 050)
-          Siti Syifa’un Nufus     (E1A 012 052)

·         Daftar rujukan buku:
-          Hartinah Siti. 2011. Pengembangan Peserta Didik. Bandung : Reflika Aditama

·         Konsep-konsep penting dan hasil analisis kritis buku, jurnal, artikel menurut penyaji:
Tugas perkembangan adalah kemampuan atau keterampilan yang harus dikuasai atau dimiliki seseorang pada periode perkembangan tertentu.
PEMBAGIAN TUGAS MENURUT ROBERT J. HAVINGHURS
HAVINGHURS membagi tugas-tugas perkembangan  yang harus diselesaikan individu pada setiap tahap perkembangan kedalam lima kelompok besar, yaitu:
a.       Tugas-tugas perkembangan masa bayi dan kanak-kanak.
Beberapa tugas yang harus muncul dan dikuasai oleh anak pada masa ini adalah:
o   Belajar Berjalan
o   Belajar mengambil makanan dan benda-benda
o   Berlajar berbicara
o   Belajar mengontrol cara buang angin
o   Belajar mengetahui jenis kelamin
o   Menguasai stabilitas jasmaniah
o   Memiliki konsep sosial dan fisik
o   Belajar hubungan sosial
o   Belajar membedakan

b.      Tugas-tugas perkembangan masa anak-anak
Beberapa tugas perkembangan yang dituntut pada masa ini adalah:
Ø  Belajar keterampilan fisik yang diperlukan dalam permainan.
Ø  Pengembangan sikap menyeluruh terhadap diri sendiri sebagai individu yang sedang berkembang.
Ø  Belajar berkawan dengan teman sebaya.
Ø  Belajar melakukan peranan sosial sebagai laki-laki atau wanita.
Ø  Belajar menguasai keterampilan intelektual dasar.
Ø  Pengembangan konsep-konsep kedalam kehidupan sehari-hari untuk dapat berperilaku dan menyesuaikan diri
Ø  Pengembangan moral, nilai, dan hati nurani
Ø  Memiliki kemerdekaan pribadi
Ø  Pengembangan sikap terhadap lembaga dan kelompok social

c.       Tugas-tugas perkembangan masa remaja
Beberapa tugas perkembangan yang harus diselesaikan para remaja pada masa ini adalah:
1.      Mampu menjalin hubungan yang lebih matang dengan teman sebaya dan lawan jenis.
2.      Mampu melakukan peranan sosial sebagai laki-laki dan wanita.
3.      Menerima kondisi jasmani dan dapat menggunakannya secara efektif.
4.      Memiliki keberdirisendirian emosional dari orang tua dan orang dewasa
5.      Memikiki perasaan kemandirian dalam bidang ekonomi.
6.      Mampu memilih dan mempersiapkan diri untuk suatu pekerjaan
7.      Belajar mempersiapkan diri untuk perkawinan dan hidup berkeluarga.
8.      Mengembangkan konsep-konsep keterampilan intelektual untuk hidup bermasyarakat
9.      Memiliki perilaku sosial yang baik dalam masyarakat
10.  Memiliki seperangkat nilai untuk pedoman hidupnya.

d.      Tugas-tugas masa dewasa
Havinghurs membagi kehidupan masa dewasa tersebut atas tiga fase yaitu: dewasa muda, dewasa, dan usia lanjut.
1.      Masa dewasa muda
o   Memilih pasangan hidup
o   Belajar hidup bersama pasangan hidup
o   Memulai hidup berkeluarga
o   Memelihara dan mendidik anak
o   Mengelola rumah tangga
o   Memulai kegiatan pekerjaan
o   Bertanggung jawab sebagai warga masyarakat dan warga negara
o   Menemukan persahabatan dalam kelompok sosial.
2.      Masa dewasa dan usia lanjut
o   Memiliki tanggung jawab sosial dan kenegaraan sebagai orang dewasa
o   Mengembangkan dan memelihara standar kehidupan ekonomi.
o   Membimbing anak dan remaja agar menjadi orang dewasa yang    bertanggung jawab dan berbahagia.
o   Mengembangkan kegiatan-kegiatan waktu senggang sebagai  orang      dewasa, hubungan dengan pasangan-pasangan keluarga lain sebagai pribadi.
o   Menerima dan menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan fisik sebagai orang setengah baya.
o   Menyesuaikan diri dengan kehidupan sebagai orang tua yang bertambah tua.
o   Menyesuaikan diri dengan kondisi fisik dan kesehatan yang semakin menurun.
o   Menyesuaikan diri dengan situasi pensiun  dan penghasilan yang semakin berkurang.
o   Membina hubungan dengan sesama usia lanjut.
o   Menyesuaikan diri dengan kematian dari pasangan hidup.
o   Memenuhi kewajiban-kewajiban sosial dan kenegaraan.
o   Memelihara kondisi dan kesahatan
o   Kesiapan menghadapi kematian

·         Konsep-konsep penting dan hasil analisis kritis buku, jurnal, artikel menurut saya:
Perkembangan merupakan suatu proses yang menggambarkan perilaku kehidupan social psikologi manusia pada posisi yang harmonis di dalam lingkungan masyarakat yang lebih luas. Oleh Havighurst perkembangan tersebut dinyatakan sebagai tugas yang harus dijalani, dipelajari, dan dikuasai oleh setiap  individu dalam perjalanan hidupnya.

Havighurst (Garrison, 1956:14-15) mengemukakan 10 jenis tugas perkembangan remaja yaitu:
o   Mencapai hubungan dengan teman lawan jenisnya secara lebih memuaskan dan matang.
o   Menerima perasaan seks dewasa yang diterima secara social.
o   Menerima keadaan badannya dan menggunakannya secara efektif.
o   Mencapai kebebasan emosional dari orang dewasa.
o   Mencapai kebebasan ekonomi.
o   Memilih dan menyiapkan suatu pekerjaan.
o   Menyiapkan suatu perkawinan dan kehidupan berkeluarga.
o   Mengembangkan keterampilan dan konsep intelektual yang perlubagi warga negara yang kompeten.
o   Menginginkan dan mencapai tingkah laku yang bertanggung jawab secara social
o   Menggapai suatu perangkat nilai yang digunakan sebagai pedoman tingkah laku.

·         Pertanyaan-pertanyaan yang muncul menurut saya:
-          Apakah yang terjadi apabila kita tidak mampu memenuhi salah satu atau beberapa tugas tugas perkembangan?
-          Memilih pasangan hidup, memulai kehidupan rumah tangga, merupakan tugas perkembangan masa dewasa, bagaimana menurut anda seseorang yang menikah pada usia muda (remaja)? Bukankah dia menjalani tugas perkembangan tersebut tidak pada waktunya?

·         Kesimpulan
-          Menurut penyaji
ü  Menurut Havinghurs Tugas Perkembangan merupakan suatu tugas yang timbul pada suatu periode tertentu dalam perkembangan seseorang dan memungkinkan seseorang memahami apa yang diharapkan masyarakat pada dirinya.
ü  Tugas perkembangan bersumber  pada faktor kematangan fisik, tuntutan masyarakat secara kultural, tuntutan dari dorongan dan cita-cita individu sendiri, serta tuntutan norma agama.
ü  Dari semua pendapat dapat disimpulkan bahwa fase perkembangan meliputi prenatal, masa bayi, masa kanak-kanak, masa remaja, masa dewasa dan masa tua dengan tugas perkembangan tertentu pada setiap fasenya

-          Menurut saya
ü  Tugas perkembangan merupakan suatu kewajiban yang harus kita penuhi, jalani, kuasai sesuai dengan periode masing-masing.
ü  Tugas perkembangan bertahap, sesuai dengan  kematangan fisik, tuntutan masyarakat secara kultural, tuntutan dari dorongan dan cita-cita individu sendiri, serta tuntutan norma agama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar