JURNAL III PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK
TUGAS-TUGAS PERKEMBANGAN
·
Penyaji kelompok
3:
-
Riska Anggraeni (E1A 012
040)
-
Siti Khusnul K (E1A 012
050)
-
Siti Syifa’un Nufus (E1A 012
052)
·
Daftar rujukan
buku:
-
Hartinah
Siti. 2011. Pengembangan Peserta Didik. Bandung : Reflika Aditama
·
Konsep-konsep
penting dan hasil analisis kritis buku, jurnal, artikel menurut penyaji:
Tugas perkembangan adalah kemampuan atau
keterampilan yang harus dikuasai atau dimiliki seseorang pada periode
perkembangan tertentu.
PEMBAGIAN TUGAS MENURUT ROBERT J. HAVINGHURS
HAVINGHURS membagi tugas-tugas
perkembangan yang harus diselesaikan
individu pada setiap tahap perkembangan kedalam lima kelompok besar, yaitu:
a.
Tugas-tugas perkembangan masa bayi dan kanak-kanak.
Beberapa tugas
yang harus muncul dan dikuasai oleh anak pada masa ini adalah:
o
Belajar
Berjalan
o
Belajar
mengambil makanan dan benda-benda
o
Berlajar
berbicara
o
Belajar
mengontrol cara buang angin
o
Belajar
mengetahui jenis kelamin
o
Menguasai
stabilitas jasmaniah
o
Memiliki
konsep sosial dan fisik
o
Belajar
hubungan sosial
o
Belajar
membedakan
b.
Tugas-tugas
perkembangan masa anak-anak
Beberapa tugas
perkembangan yang dituntut pada masa ini adalah:
Ø Belajar
keterampilan fisik yang diperlukan dalam permainan.
Ø Pengembangan
sikap menyeluruh terhadap diri sendiri sebagai individu yang sedang berkembang.
Ø Belajar berkawan
dengan teman sebaya.
Ø Belajar
melakukan peranan sosial sebagai laki-laki atau wanita.
Ø Belajar
menguasai keterampilan intelektual dasar.
Ø Pengembangan
konsep-konsep kedalam kehidupan sehari-hari untuk dapat berperilaku dan
menyesuaikan diri
Ø Pengembangan
moral, nilai, dan hati nurani
Ø Memiliki
kemerdekaan pribadi
Ø Pengembangan
sikap terhadap lembaga dan kelompok social
c.
Tugas-tugas
perkembangan masa remaja
Beberapa tugas perkembangan yang harus
diselesaikan para remaja pada masa ini adalah:
1.
Mampu
menjalin hubungan yang lebih matang dengan teman sebaya dan lawan jenis.
2.
Mampu
melakukan peranan sosial sebagai laki-laki dan wanita.
3.
Menerima
kondisi jasmani dan dapat menggunakannya secara efektif.
4.
Memiliki
keberdirisendirian emosional dari orang tua dan orang dewasa
5.
Memikiki
perasaan kemandirian dalam bidang ekonomi.
6.
Mampu
memilih dan mempersiapkan diri untuk suatu pekerjaan
7.
Belajar
mempersiapkan diri untuk perkawinan dan hidup berkeluarga.
8.
Mengembangkan
konsep-konsep keterampilan intelektual untuk hidup bermasyarakat
9.
Memiliki
perilaku sosial yang baik dalam masyarakat
10.
Memiliki
seperangkat nilai untuk pedoman hidupnya.
d.
Tugas-tugas
masa dewasa
Havinghurs membagi kehidupan masa dewasa
tersebut atas tiga fase yaitu: dewasa muda, dewasa, dan usia lanjut.
1.
Masa
dewasa muda
o
Memilih
pasangan hidup
o
Belajar
hidup bersama pasangan hidup
o
Memulai
hidup berkeluarga
o
Memelihara
dan mendidik anak
o
Mengelola
rumah tangga
o
Memulai
kegiatan pekerjaan
o
Bertanggung
jawab sebagai warga masyarakat dan warga negara
o
Menemukan
persahabatan dalam kelompok sosial.
2.
Masa
dewasa dan usia lanjut
o
Memiliki
tanggung jawab sosial dan kenegaraan sebagai orang dewasa
o
Mengembangkan
dan memelihara standar kehidupan ekonomi.
o
Membimbing
anak dan remaja agar menjadi orang dewasa yang bertanggung jawab dan berbahagia.
o
Mengembangkan
kegiatan-kegiatan waktu senggang sebagai
orang dewasa, hubungan dengan
pasangan-pasangan keluarga lain sebagai pribadi.
o
Menerima
dan menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan fisik sebagai orang setengah
baya.
o
Menyesuaikan
diri dengan kehidupan sebagai orang tua yang bertambah tua.
o
Menyesuaikan
diri dengan kondisi fisik dan kesehatan yang semakin menurun.
o
Menyesuaikan
diri dengan situasi pensiun dan
penghasilan yang semakin berkurang.
o
Membina
hubungan dengan sesama usia lanjut.
o
Menyesuaikan
diri dengan kematian dari pasangan hidup.
o
Memenuhi
kewajiban-kewajiban sosial dan kenegaraan.
o
Memelihara
kondisi dan kesahatan
o
Kesiapan
menghadapi kematian
·
Konsep-konsep
penting dan hasil analisis kritis buku, jurnal, artikel menurut saya:
Perkembangan merupakan suatu proses yang
menggambarkan perilaku kehidupan social psikologi manusia pada posisi yang
harmonis di dalam lingkungan masyarakat yang lebih luas. Oleh Havighurst
perkembangan tersebut dinyatakan sebagai tugas yang harus dijalani, dipelajari,
dan dikuasai oleh setiap individu dalam
perjalanan hidupnya.
Havighurst
(Garrison, 1956:14-15) mengemukakan 10 jenis tugas perkembangan remaja yaitu:
o
Mencapai
hubungan dengan teman lawan jenisnya secara lebih memuaskan dan matang.
o
Menerima
perasaan seks dewasa yang diterima secara social.
o
Menerima
keadaan badannya dan menggunakannya secara efektif.
o
Mencapai
kebebasan emosional dari orang dewasa.
o
Mencapai
kebebasan ekonomi.
o
Memilih
dan menyiapkan suatu pekerjaan.
o
Menyiapkan
suatu perkawinan dan kehidupan berkeluarga.
o
Mengembangkan
keterampilan dan konsep intelektual yang perlubagi warga negara yang kompeten.
o
Menginginkan
dan mencapai tingkah laku yang bertanggung jawab secara social
o
Menggapai
suatu perangkat nilai yang digunakan sebagai pedoman tingkah laku.
·
Pertanyaan-pertanyaan
yang muncul menurut saya:
-
Apakah
yang terjadi apabila kita tidak mampu memenuhi salah satu atau beberapa tugas
tugas perkembangan?
-
Memilih
pasangan hidup, memulai kehidupan rumah tangga, merupakan tugas perkembangan
masa dewasa, bagaimana menurut anda seseorang yang menikah pada usia muda
(remaja)? Bukankah dia menjalani tugas perkembangan tersebut tidak pada
waktunya?
·
Kesimpulan
-
Menurut
penyaji
ü Menurut Havinghurs Tugas Perkembangan merupakan suatu
tugas yang timbul pada suatu periode tertentu dalam perkembangan seseorang dan
memungkinkan seseorang memahami apa yang diharapkan masyarakat pada dirinya.
ü Tugas perkembangan bersumber pada faktor kematangan fisik, tuntutan
masyarakat secara kultural, tuntutan dari dorongan dan cita-cita individu
sendiri, serta tuntutan norma agama.
ü Dari semua pendapat dapat disimpulkan bahwa fase
perkembangan meliputi prenatal, masa bayi, masa kanak-kanak, masa remaja, masa
dewasa dan masa tua dengan tugas perkembangan tertentu pada setiap fasenya
-
Menurut
saya
ü Tugas
perkembangan merupakan suatu kewajiban yang harus kita penuhi, jalani, kuasai
sesuai dengan periode masing-masing.
ü Tugas perkembangan bertahap, sesuai dengan
kematangan fisik,
tuntutan masyarakat secara kultural, tuntutan dari dorongan dan cita-cita
individu sendiri, serta tuntutan norma agama.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar