Rabu, 24 April 2013

JURNAL BELAJAR: KONSEP- KONSEP DASAR PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN



JURNAL 1 PERKEMBANGAN PERSERTA DIDIK
KONSEP- KONSEP DASAR PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN

Jum’at 12 april 2013
09:20 Pertemuan ke 2
·         Penyaji kelompok 1 :
ALLVANIALISTA IKALOR          (E1A 012 004)           
ITHA MASITHAH                            (E1A 012 016)
MUHAMMAD SYAMSUSSABRI (E1A 012 022)
·         Refrensi
1.Judul Buku:
A.    Perkembangan Peserta Didik (Bab II)
B.     Pengembangan Peserta Didik (Bab II)
 2.Jurnal:
A.    Pertumbuhan dan Perkembangan
B.     Konsep Pertumbuhan dan Perkembangan
C.     Pertumbuhan dan Perkembangan
 3.Internet:
A.    Arti Kata Tumbuh Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)
B.     Arti Kata Kembang Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)
·         Konsep-konsep penting dan hasil analisis kritis buku, jurnal, artikel menurut penyaji :

A.    Pengertian Pertumbuhan
1.1 Pengertian Secara Etimologis
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, pertumbuhan berasal dari kata tumbuh yang berarti tambah besar atau sempurna.
1.2 Pengertian Secara Termitologis
Pertumbuhan adalah perubahan secara fisiologis sebagai hasil dari proses pematangan fungsi-fungsi fisik yang berlangsung secara normal pada anak yang sehat dalam perjalanan waktu tertentu.
*  menurut para ahli
1.      Karl E. Garrison: Pertumbuhan adalah perubahan individu dalam bentuk ukuran badan, perubahan otot, tulang, kulit, rambut dan kelenjar.
2.      Atan Long: Pertumbuhan adalah perubahan yang dapat diukur dari satu peringkat ke satu peringkat yang lain dari masa ke masa.
3.      D.S Wright & Ann Taylor: Pertumbuhan adalah pertambahan dalam berbagai sifat luaran seseorang (sifat jasmani , seperti: ukuran tubuh, tinggi, berat badan dan lain-lain).
B.     Pengertian Perkembangan
2.1 Pengertian Secara Etimologis
Perkembangan berasal dari kata kembang menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia kembang berarti maju, menjadi lebih baik.
2.2 Pengertian Secara Termitologis
            Perkembangan adalah proses kualitatif yang mengacu pada penyempurnaan fungsi sosial dan psikologis dalam diri seseorang dan berlangsung sepanjang hidup manusia.
§  Menurut para ahli
1.      Crow: Perkembangan adalah perubahan secara kualitatif serta cenderung kearah yang lebih baik dari segi pemikiran, rohani, moral, dan sosial.
2.      Karl E. Garrison: Perkembangan adalah hasil dari pada tindakan yang saling berkaitan antara perkembangan jasmani dan pembelajaran.
3.      Atan Long: Perkembangan adalah adanya timbul sifat baru yang berlainan dari sifat awal dan terus berlaku hingga akhir hayat.

C.     Persamaan dan perbedaan pertumbuhan dengan perkembangan

v  Persamaan:
         Keduanya merupakan proses perubahan progresif. Maksudnya berjalan secara bersamaan. Dan bersifat maju, meningkat dan menjadi lebih baik.
v  Perbedaannya:
1.      Sifat perubahan:
Pada pertumbuhan perubahan bersifat kuantitatif sedangkan pada   perkembangan perubahan bersifat kualitatif fungsional.

2.      Aspek yang berubah:
Pada pertumbuhan yang berubah adalah aspek fisik saja, sedangkan pada perkembangan aspek yang berubah adalah aspek fisik dan psikis.

D.    Teori-teori perkembangan
o   JEAN PIAGET (PERKEMBANGAN KOGNITIF)
             1. Tahap sensori – motor (0 – 2 tahun)
                                    Perilaku anak banyak melibatkan motorik, belum terjadi kegiatan mental yang bersifat simbolis (berpikir). Sekitar usia 18 – 24 bulan anak mulai bisa melakukan operations, awal kemampuan berfikir.
            2.  Tahap pra operasional (2 – 7 tahun)
q  Tahap Pra Konseptual (2 – 4 tahun)
Pada tahap ini anak melihat dunia hanya dalam hubungan   dengan   dirinya, pola pikir egosentris.
q  Tahap Intuitif (4 – 7 tahun)
Pola pikir berdasar intuitif, penalaran masih kaku, terpusat pada bagian bagian terentu dari objek dan semata – mata didasarkan atas penampakan objek.
3.      Tahap Operasional Konkrit (7 – 12 tahun)
      Pada tahap ini anak mampu mengklasifikasikan objek menurut berbagai macam cirinya seperti : tinggi, besar, kecil, warna, bentuk, dst.
4.      Tahap Operasional Formal (mulai usia 12 tahun)
     Anak dapat melakukan representasi simbolis tanpa menghadapi objek – objek yang ia pikirkan. Pola pikir menjadi lebih fleksibel melihat persoalan dari berbagai sudut yang berbeda.

E.     ASPEK PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN
1. Aspek Pertumbuhan
·         Pertumbuhan Fisik
Pertumbuhan fisik merupakan pertumbuhan struktur tubuh manusia yang terjadi sejak masih dalam kandungan hingga dewasa.
·         Pertumbuhan Otak
Pertumbuhan otak berkaitan dengan perkembangan anak itu sendiri. Karena otak berkaitan dengan perkembangan kognitif.
2. Aspek Perkembangan
·         Perkembangan Psikomotorik
Perkembangan psikomotor atau disingkat sebagai perkembangan motor adalah perkembangan mengontrol gerakan-gerakan tubuh melalui kegiatan-kegiatan yang terkoordinasikan anatar susunan syaraf pusat, syaraf, dan otot.
·         Perkembangan Kognitif
            Perkembangan kognitif atau bisa dikatakan perkembangan mental merupakan perkembangan perkembangan yang mencangkup pemahaman tentang dunia, penemuan pengetahuan, pembuatan perbandingan, berpikir, dan mengerti.
·         Perkembangan Sosial
            Perkembangan sosial mengandung makna pencapaian suatu kemampuan untuk berperilaku sesuai dengan harapan sosial yang ada.
·         Perkembangan Emosi
            Emosi merupakan gejala perasaan disertai dengan perubahan atau perilaku fisik seperti marah yang ditunjukkan dengan teriakan suara keras atau tingkah laku yang lain. Begitu pula sebaliknya, yaitu gembira yang akan melonjakkan kegirangan.
F.      PRINSIP-PRINSIP PERKEMBANGAN
Hurlock (1997: 29) menjelaskan bahwa prinsip-prinsip perkembangan tersebut meliputi:
·         Perkembangan Melibatkana Adanya Perubahan
            Perkembangan selalu ditandai adanya perubahan yang bersifat progresif yang bertujuan agar manusia dapat menyesuaikan diri dengan tuntutan lingkungan.
·         Perkembangan Awal Lebih Kritis dari Perkembangan Selanjutnya
            Perkembangan merupakan proses continue, dimana perkembangan sebelumnya akan mempengaruhi perkembangan selanjutnya. Oleh karena itu kesalahan taupun gangguan pada perkembangan awal akan terus mempengaruhi perkembangan-perkembangan berikutnya.
·         Perkembangan Merupakan Hasil Proses Kematangan dan Belajar
            Kematangan merupakan hasil perkembangan melalui tahapan-tahapan yang kompleks dan saling terkait dari tahapan-tahapan awal ke tahapan-tahapan selanjutnya. Perkembangan merupakan hasil belajar mengartikan bahwa perkembangan diperoleh melalui usaha sadar dan latihan.

G.    HUKUM-HUKUM PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN
§  Hukum-Hukum Pertumbuhan
1.      Hukum Cephalocoudal
           Hukum ini berlaku pada pertumbuhan fisik yang menyatakan bahwa pertumbuhan fisik dimulai dari kepala ke arah kaki.
2.      Hukum Proximodistal
           Hukum ini menyatakan bahwa pertumbuhan fisik berpusat pada sumbu dan mengarah ke tepi. Alat-alat tubuh yang terdapat di pusat, seperti jantung, hati, dan alat-alat pencernaan lebih dahulu berfungsi daripada anggota tubuh yang ada di tepi.
           
§  Hukum Perkembangan
1.      Perkembangan Terjadi dari Umum ke Khusus
            Pada setiap aspek terjadi proses perkembangan yang dimulai dari hal-hal umum, kemudian secara sedikit demi sedikit meningkat ke hal-hal khusus.
2.      Perkembangan Berlangsung dalam Tahapan-Tahapan Perkembangan
            Dalam perkembangan terjadi penahapan yang terbagi-bagi ke dalam masa-masa perkembangan. Pada setiap masa perkembangan terdapat ciri-ciri perkembangan yang berbeda antara ciri-ciri yang ada pada masa perkembangan yang lain.
3.      Hukum Tempo dan Ritme Perkembangan
            Tahapan perkembangan berlangsung secara berurutan, terus menerus dan dalam tempo perkembangan yang relatif tetap serta bisa berlaku secara umum.

·         Konsep-konsep penting dan hasil analisis kritis buku, jurnal, artikel menurut saya :
A.    Persamaan dan perbedaan pertumbuhan dengan perkembangan
1.      Persamaan:
      Keduanya berjalan secara bersamaan dan mengarah kearah yang lebih baik.

2.      Perbedaan :
Ø  Sifat perubahan:
Pada pertumbuhan perubahan bersifat kuantitatif sedangkan pada   perkembangan perubahan bersifat kualitatif fungsional.
Ø  Aspek yang berubah:
Pada pertumbuhan yang berubah adalah aspek fisik saja, sedangkan pada perkembangan aspek yang berubah adalah aspek fisik dan psikis.

B.     ASPEK PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN
-          Aspek Pertumbuhan:
Pertumbuhan meliputi aspek fisik beserta otak karena otak berpengaruh pada perkembangan kognitif anak.
-          Aspek Perkembangan:
Perkembangan meliputi perkembangan psikomotor, perkembangan kognif, perkembangan social, serta perkembangan emosi anak.

Progresif berarti perubahan yang terjadi bersifat maju, meningkat dan meluas, baik secara kuantitatif (fisik) mapun kualitatif (psikis). Contoh : perubahan proporsi dan ukuran fisik (dari pendek menjadi tinggi dan dari kecil menjadi besar); perubahan pengetahuan dan keterampilan dari sederhana sampai kepada yang kompleks (mulai dari mengenal huruf sampai dengan kemampuan membaca buku). Berkesinambungan artinya bahwa perubahan pada bagian atau fungsi organisme itu berlangsung secara beraturan atau berurutan. Contoh : untuk dapat berdiri, seorang anak terlebih dahulu harus menguasai tahapan perkembangan sebelumnya yaitu kemampuan duduk dan merangkak.


C.     Prinip- prinsip perkembangan individu, yaitu :
1.      Perkembangan merupakan proses yang tidak pernah berhenti.
2.      Semua aspek perkembangan saling berhubungan.
3.      Perkembangan terjadi pada tempo yang berlainan.
4.      Setiap fase perkembangan mempunyai ciri khas.
5.      Setiap individu normal akan mengalami tahapan perkembangan.
6.      Perkembangan mengikuti pola atau arah tertentu.
7.      Bagaimana pola atau arah perkembangan inidividu?
Arah atau pola perkembangan sebagai berikut :
1.      Cephalocaudal & proximal-distal (perkembangan manusia itu mulai dari kepala ke kaki dan dari tengah (jantung, paru dan sebagainya) ke samping (tangan).
2.      Struktur mendahului fungsi.
3.      Diferensiasi ke integrasi.
4.      Dari konkret ke abstrak.
5.      Dari egosentris ke perspektivisme.
6.      Dari outer control ke inner control.
·         Pertanyaan-pertanyaan yang muncul menurut saya:
-          Hukum chepalocoudal mengatakan bahwa pertumbuhan itu dimulai dari arah kepala menuju kaki, seperti apa contohnya?
-          Apa yang terjadi jika tempo dan ritme perkembangan individu itu berbeda?
-          Dalam hukum perkembangan yang ke dua Perkembangan Berlangsung dalam Tahapan-Tahapan Perkembangan dikatakan pada setiap masa perkembangan terdapat ciri-ciri perkembangan yang berbeda antara ciri-ciri yang ada pada masa perkembangan yang lain. Ada berapa masa perkembangan sehingga dikatakan seperti di atas?

·         Kesimpulan yang didapat dalam materi Pertumbuhan dan Perkembangan adalah:
1.      Kesimpulan Penyaji:
-          Pertumbuhan lebih banyak berkenaan dengan aspek-aspek jasmaniah atau fisik. Pertumbuhan menunjukkan pertumbuhan atau penambahan secara kuantitas, yaitu penambahan dalam ukuran besar atau tinggi.
-          Perkembangan berhubungan dengan aspek-aspek pasikis atau rohaniah. Perkembangan berkenaan dengan peningkatan kualitas, yaitu peningkatan dan penyempurnaan fungsi.
-          Dengan demikian, disimpulkan bahwa pertumbuhan berkenaan dengan penyempurnaan struktur sedangkan perkembangan dengan penyempurnaan fungsi.
2.      Menurut Saya:
-          Perkembangan dapat diartikan sebagai perubahan yang sistematis, progresif dan berkesinambungan dalam diri individu sejak lahir hingga akhir hayatnya atau dapat diartikan pula sebagai perubahan – perubahan yang dialami individu menuju tingkat kedewasaan atau kematangannya.
-          Pertumbuhan merupakan perubahan pada jasmani(fisik) secara kuantitatif.

·         Refleksi diri :
Pada pertemuan kali ini saya mendapatkan pengetahuan yang lebih mengenai konsep dasar pertumbuhan dan perkembangan, bahwa pertumbuhan dan perkembangan  memiliki keterkaitan satu dengan yang lainnya dan saya harus memperhatikan lebih terperinci dari sebelumnya agar pelajaran yang didapatkan menjadi bermakna untuk pengetahuan bukan hanya sekedar tahu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar