JURNAL
1 PERKEMBANGAN PERSERTA DIDIK
KONSEP- KONSEP DASAR PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN
Jum’at 12 april 2013
09:20 Pertemuan ke 2
·
Penyaji
kelompok 1 :
ALLVANIALISTA IKALOR (E1A
012 004)
ITHA MASITHAH (E1A
012 016)
MUHAMMAD
SYAMSUSSABRI (E1A 012 022)
·
Refrensi
1.Judul Buku:
A. Perkembangan Peserta Didik (Bab
II)
B. Pengembangan Peserta Didik (Bab
II)
2.Jurnal:
A. Pertumbuhan dan Perkembangan
B. Konsep Pertumbuhan dan Perkembangan
C. Pertumbuhan dan Perkembangan
3.Internet:
A. Arti Kata Tumbuh Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa
Indonesia)
B. Arti Kata Kembang Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa
Indonesia)
·
Konsep-konsep
penting dan hasil analisis kritis buku, jurnal, artikel menurut penyaji :
A. Pengertian Pertumbuhan
1.1 Pengertian Secara Etimologis
Dalam
Kamus Besar Bahasa Indonesia, pertumbuhan berasal dari kata tumbuh yang
berarti tambah besar atau sempurna.
1.2 Pengertian Secara Termitologis
Pertumbuhan adalah perubahan secara fisiologis sebagai
hasil dari proses pematangan fungsi-fungsi fisik yang berlangsung secara normal pada anak yang
sehat dalam perjalanan waktu tertentu.
menurut
para ahli
1.
Karl E.
Garrison: Pertumbuhan adalah perubahan individu dalam bentuk ukuran badan,
perubahan otot, tulang, kulit, rambut dan kelenjar.
2.
Atan
Long: Pertumbuhan adalah perubahan yang dapat diukur dari satu peringkat ke
satu peringkat yang lain dari masa ke masa.
3.
D.S
Wright & Ann Taylor: Pertumbuhan adalah pertambahan dalam berbagai sifat
luaran seseorang (sifat jasmani , seperti: ukuran tubuh, tinggi, berat badan
dan lain-lain).
B. Pengertian Perkembangan
2.1 Pengertian Secara Etimologis
Perkembangan berasal dari
kata kembang menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia kembang berarti
maju, menjadi lebih baik.
2.2 Pengertian Secara Termitologis
Perkembangan adalah proses
kualitatif yang mengacu pada penyempurnaan fungsi sosial dan psikologis dalam
diri seseorang dan berlangsung sepanjang hidup manusia.
§ Menurut
para ahli
1.
Crow:
Perkembangan adalah perubahan secara kualitatif serta cenderung kearah yang
lebih baik dari segi pemikiran, rohani, moral, dan sosial.
2.
Karl E.
Garrison:
Perkembangan adalah hasil dari pada tindakan yang saling berkaitan antara
perkembangan jasmani dan pembelajaran.
3.
Atan Long:
Perkembangan adalah adanya timbul sifat baru yang berlainan dari sifat awal dan
terus berlaku hingga akhir hayat.
C. Persamaan
dan perbedaan pertumbuhan dengan perkembangan
v Persamaan:
Keduanya merupakan proses perubahan
progresif. Maksudnya berjalan secara bersamaan. Dan bersifat maju, meningkat
dan menjadi lebih baik.
v Perbedaannya:
1.
Sifat
perubahan:
Pada pertumbuhan perubahan bersifat
kuantitatif sedangkan pada perkembangan
perubahan bersifat kualitatif fungsional.
2.
Aspek
yang berubah:
Pada pertumbuhan yang berubah adalah
aspek fisik saja, sedangkan pada perkembangan aspek yang berubah adalah aspek
fisik dan psikis.
D. Teori-teori
perkembangan
o
JEAN
PIAGET (PERKEMBANGAN KOGNITIF)
1. Tahap sensori – motor (0 – 2 tahun)
Perilaku anak banyak melibatkan motorik, belum terjadi
kegiatan mental yang bersifat simbolis (berpikir). Sekitar usia 18 – 24 bulan
anak mulai bisa melakukan operations, awal kemampuan berfikir.
2. Tahap pra
operasional (2 – 7 tahun)
q Tahap Pra Konseptual (2 – 4 tahun)
Pada tahap ini anak melihat dunia hanya dalam hubungan dengan
dirinya,
pola pikir egosentris.
q Tahap Intuitif (4 – 7 tahun)
Pola pikir
berdasar intuitif, penalaran masih kaku, terpusat pada bagian bagian terentu
dari objek dan semata – mata didasarkan atas penampakan objek.
3.
Tahap Operasional Konkrit (7 – 12 tahun)
Pada
tahap ini anak mampu
mengklasifikasikan objek menurut berbagai macam cirinya seperti : tinggi,
besar, kecil, warna, bentuk, dst.
4.
Tahap Operasional Formal (mulai usia 12 tahun)
Anak dapat
melakukan representasi simbolis tanpa menghadapi objek – objek yang ia
pikirkan. Pola pikir menjadi lebih fleksibel melihat persoalan dari berbagai
sudut yang berbeda.
E. ASPEK PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN
1. Aspek Pertumbuhan
1. Aspek Pertumbuhan
·
Pertumbuhan
Fisik
Pertumbuhan fisik merupakan pertumbuhan struktur tubuh manusia yang
terjadi sejak masih dalam kandungan hingga dewasa.
·
Pertumbuhan
Otak
Pertumbuhan otak berkaitan dengan perkembangan anak itu sendiri. Karena
otak berkaitan dengan perkembangan kognitif.
2. Aspek
Perkembangan
·
Perkembangan
Psikomotorik
Perkembangan psikomotor atau disingkat sebagai perkembangan motor adalah
perkembangan mengontrol gerakan-gerakan tubuh melalui kegiatan-kegiatan yang
terkoordinasikan anatar susunan syaraf pusat, syaraf, dan otot.
·
Perkembangan
Kognitif
Perkembangan kognitif atau bisa
dikatakan perkembangan mental merupakan perkembangan perkembangan yang
mencangkup pemahaman tentang dunia, penemuan pengetahuan, pembuatan
perbandingan, berpikir, dan mengerti.
·
Perkembangan
Sosial
Perkembangan sosial mengandung makna
pencapaian suatu kemampuan untuk berperilaku sesuai dengan harapan sosial yang
ada.
·
Perkembangan
Emosi
Emosi merupakan gejala perasaan
disertai dengan perubahan atau perilaku fisik seperti marah yang ditunjukkan
dengan teriakan suara keras atau tingkah laku yang lain. Begitu pula
sebaliknya, yaitu gembira yang akan melonjakkan kegirangan.
F. PRINSIP-PRINSIP PERKEMBANGAN
Hurlock (1997: 29) menjelaskan bahwa prinsip-prinsip perkembangan
tersebut meliputi:
·
Perkembangan
Melibatkana Adanya Perubahan
Perkembangan selalu
ditandai adanya perubahan yang bersifat progresif yang bertujuan agar manusia
dapat menyesuaikan diri dengan tuntutan lingkungan.
·
Perkembangan
Awal Lebih Kritis dari Perkembangan Selanjutnya
Perkembangan
merupakan proses continue, dimana perkembangan sebelumnya akan mempengaruhi
perkembangan selanjutnya. Oleh karena itu kesalahan taupun gangguan pada
perkembangan awal akan terus mempengaruhi perkembangan-perkembangan berikutnya.
·
Perkembangan
Merupakan Hasil Proses Kematangan dan Belajar
Kematangan
merupakan hasil perkembangan melalui tahapan-tahapan yang kompleks dan saling
terkait dari tahapan-tahapan awal ke tahapan-tahapan selanjutnya. Perkembangan
merupakan hasil belajar mengartikan bahwa perkembangan diperoleh melalui usaha
sadar dan latihan.
G. HUKUM-HUKUM PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN
§ Hukum-Hukum Pertumbuhan
1.
Hukum
Cephalocoudal
Hukum ini berlaku pada pertumbuhan
fisik yang menyatakan bahwa pertumbuhan fisik dimulai dari kepala ke arah kaki.
2. Hukum Proximodistal
Hukum ini menyatakan bahwa
pertumbuhan fisik berpusat pada sumbu dan mengarah ke tepi. Alat-alat tubuh
yang terdapat di pusat, seperti jantung, hati, dan alat-alat pencernaan lebih
dahulu berfungsi daripada anggota tubuh yang ada di tepi.
§ Hukum Perkembangan
1. Perkembangan Terjadi dari Umum ke Khusus
Pada setiap aspek terjadi proses
perkembangan yang dimulai dari hal-hal umum, kemudian secara sedikit demi
sedikit meningkat ke hal-hal khusus.
2. Perkembangan Berlangsung dalam Tahapan-Tahapan
Perkembangan
Dalam perkembangan terjadi penahapan
yang terbagi-bagi ke dalam masa-masa perkembangan. Pada setiap masa
perkembangan terdapat ciri-ciri perkembangan yang berbeda antara ciri-ciri yang
ada pada masa perkembangan yang lain.
3. Hukum Tempo dan Ritme Perkembangan
Tahapan perkembangan berlangsung
secara berurutan, terus menerus dan dalam tempo perkembangan yang relatif tetap
serta bisa berlaku secara umum.
·
Konsep-konsep
penting dan hasil analisis kritis buku, jurnal, artikel menurut saya :
A. Persamaan
dan perbedaan pertumbuhan dengan perkembangan
1. Persamaan:
Keduanya berjalan secara bersamaan dan
mengarah kearah yang lebih baik.
2. Perbedaan
:
Ø Sifat perubahan:
Pada pertumbuhan
perubahan bersifat kuantitatif sedangkan pada
perkembangan perubahan bersifat kualitatif fungsional.
Ø Aspek yang berubah:
Pada pertumbuhan yang
berubah adalah aspek fisik saja, sedangkan pada perkembangan aspek yang berubah
adalah aspek fisik dan psikis.
B. ASPEK PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN
-
Aspek Pertumbuhan:
Pertumbuhan meliputi aspek fisik beserta
otak karena otak berpengaruh pada perkembangan kognitif anak.
-
Aspek Perkembangan:
Perkembangan meliputi perkembangan
psikomotor, perkembangan kognif, perkembangan social, serta perkembangan emosi
anak.
Progresif
berarti perubahan yang terjadi bersifat maju, meningkat dan meluas, baik secara
kuantitatif (fisik) mapun kualitatif (psikis). Contoh : perubahan proporsi dan
ukuran fisik (dari pendek menjadi tinggi dan dari kecil menjadi besar);
perubahan pengetahuan dan keterampilan dari sederhana sampai kepada yang
kompleks (mulai dari mengenal huruf sampai dengan kemampuan membaca buku). Berkesinambungan
artinya bahwa perubahan pada bagian atau fungsi organisme itu berlangsung
secara beraturan atau berurutan. Contoh : untuk dapat berdiri, seorang anak terlebih
dahulu harus menguasai tahapan perkembangan sebelumnya yaitu kemampuan duduk
dan merangkak.
C. Prinip- prinsip perkembangan
individu, yaitu :
1.
Perkembangan merupakan proses yang
tidak pernah berhenti.
2.
Semua aspek perkembangan saling
berhubungan.
3.
Perkembangan terjadi pada tempo yang
berlainan.
4.
Setiap fase perkembangan mempunyai
ciri khas.
5.
Setiap individu normal akan
mengalami tahapan perkembangan.
6.
Perkembangan mengikuti pola atau
arah tertentu.
7.
Bagaimana pola atau arah
perkembangan inidividu?
Arah atau pola perkembangan sebagai berikut :
1.
Cephalocaudal & proximal-distal
(perkembangan manusia itu mulai dari kepala ke kaki dan dari tengah (jantung,
paru dan sebagainya) ke samping (tangan).
2.
Struktur mendahului fungsi.
3.
Diferensiasi ke integrasi.
4.
Dari konkret ke abstrak.
5.
Dari egosentris ke perspektivisme.
6.
Dari outer control ke inner control.
·
Pertanyaan-pertanyaan
yang muncul menurut saya:
-
Hukum chepalocoudal mengatakan bahwa
pertumbuhan itu dimulai dari arah kepala menuju kaki, seperti apa contohnya?
-
Apa yang terjadi jika tempo dan ritme
perkembangan individu itu berbeda?
-
Dalam hukum perkembangan yang ke dua Perkembangan Berlangsung dalam
Tahapan-Tahapan Perkembangan dikatakan pada setiap masa perkembangan terdapat
ciri-ciri perkembangan yang berbeda antara ciri-ciri yang ada pada masa
perkembangan yang lain. Ada berapa masa perkembangan sehingga dikatakan seperti
di atas?
·
Kesimpulan
yang didapat dalam materi Pertumbuhan dan Perkembangan adalah:
1. Kesimpulan
Penyaji:
-
Pertumbuhan
lebih banyak berkenaan dengan aspek-aspek jasmaniah atau fisik. Pertumbuhan menunjukkan
pertumbuhan atau penambahan secara kuantitas, yaitu penambahan dalam ukuran
besar atau tinggi.
-
Perkembangan
berhubungan dengan aspek-aspek pasikis atau rohaniah. Perkembangan berkenaan dengan
peningkatan kualitas, yaitu peningkatan dan
penyempurnaan fungsi.
-
Dengan
demikian, disimpulkan bahwa pertumbuhan berkenaan dengan penyempurnaan struktur
sedangkan perkembangan dengan penyempurnaan fungsi.
2. Menurut
Saya:
-
Perkembangan dapat diartikan sebagai
perubahan yang sistematis, progresif dan berkesinambungan dalam diri individu
sejak lahir hingga akhir hayatnya atau dapat diartikan pula sebagai perubahan –
perubahan yang dialami individu menuju tingkat kedewasaan atau kematangannya.
-
Pertumbuhan merupakan perubahan pada
jasmani(fisik) secara kuantitatif.
·
Refleksi diri :
Pada pertemuan kali ini saya mendapatkan pengetahuan
yang lebih mengenai konsep dasar pertumbuhan dan perkembangan, bahwa pertumbuhan
dan perkembangan memiliki keterkaitan
satu dengan yang lainnya dan saya harus memperhatikan lebih terperinci dari
sebelumnya agar pelajaran yang didapatkan menjadi bermakna untuk pengetahuan
bukan hanya sekedar tahu.
PokerStars Casino No Deposit Bonus Codes 2021 - JDHWeb
BalasHapusAll 순천 출장마사지 you 안산 출장마사지 need to know about PokerStars Casino No Deposit Bonus 논산 출장샵 Codes - Get $50 free + 200 FS No 하남 출장안마 Deposit Required. Play now. 아산 출장샵